Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Jurusan Proteksi Tanaman, FP Universitas Lampung

Kegiatan PKKMB Jurusan Proteksi Tanaman telah dilaksanakan, Jumat 25 September 2020 via Zoom live di Jurusan Proteksi Tanaman, FP Unila. Sebelumnya, mahasiswa sudah mengikuti serangkaian kegiatan PKKM baik dari Universitas hingga yang diadakan oleh Fakultas Pertanian. Kegiatan PKKMB Proteksi Tanaman dibuka langsung oleh ketua jurusan PTN, Dr. Yuyun Fitriana dan dihadiri oleh seluruh dosen PTN, Hima Protekta dan mahasiswa baru angkatan 2020.

Pembukaan kegiatan PKKMB oleh Kajur PTN, Dr. Yuyun Fitriana via Zoom

Rangkaian kegiatan diawali dengan persiapan acara dan presensi daftar hadir. Tak lupa pula PKKMB ini dipandu oleh mahasiswa PTN yaitu Ervina dan anggota Hima Protekta.  Setelah itu, acara dilanjutkan dengan perkenalan dengan pimpinan jurusan seperti ketua jurusan dan sekretaris jurusan di proteksi tanaman. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan warga Proteksi Tanaman yaitu seluruh dosen dan tenaga kependidikan ke mahasiswa baru. Dalam kegiatan PKKMB ini juga mahasiswa baru dibekali pengetahuan mengenai “Motivasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi” oleh dosen PTN, Prof. Cipta Ginting dan “Prospek Dunia Kerja” oleh Dr. Sudiono.

Perkenalan dosen Proteksi Tanaman via Zoom

Perkenalan tenaga kependidikan jurusan Proteksi Tanaman via Zoom

Perkenalan dosen pembimbing akademik (PA) juga termasuk dalam kegiatan PKKMB ini. Semua mahasiswa baru sudah diberikan PA yang ditentukan oleh jurusan. Harapannya mahasiswa baru lebih mengenal dosen PA sejak awal sehingga komunikasi nantinya lebih baik dan lancar. Setelah perkenalan dosen PA, dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai sistem perkuliahan seperti SKS, transkip nilai, IPK dan kalender akademik. Mahasiswa baru diberikan wawasan mengenai apa itu kuliah, SKS, IPK dan sebagainya sehingga mahasiswa lebih banyak mendapatkan informasi mengenai ruang lingkup perkuliahan.

Hasil penelitian mahasiswa proteksi tanaman

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan fasilitas jurusan dan laboratorium berupa video yang sudah diunggah melalui youtube proteksi tanaman, FP Unila. Dari video tersebut, mahasiswa mengetahui bagaimana kondisi jurusan PTN, ruang masing-masing dosen, kondisi laboratorium dan peralatan yang ada di laboratorium. Disamping itu mahasiswa baru juga bisa mengenal para dosen di PTN karena dalam video terdapat beberapa temu sapa dengan para dosen PTN. Kegiatan terakhir adalah perkenalan Organisasi Kemahasiswaan tingkat jurusan (Hima Protekta) kepada mahasiswa baru. Disini, maba bisa berinterakssi secara virtual dengan kakak tingkat atau kepengurusaan Hima Protekta. Sebelum kegiatan PKKMB ini ditutup, panitia PKKMB memberikan quiz seputar tentang jurusan proteksi tanaman unila melalui aplikasi Kahoot. Mahasiswa baru tampak bersemangat mengikuti quiz dan 3 pemenang akan mendapatkan buku yang ditulis langsung oleh dosen PTN. Kegiatan PKKMB ini sangat bermanfaat sebagai awal perkuliahan. Selain itu dengan adanya kegiatan PKKMB menjadi informasi dasar bagi mahasiswa baru untuk semangat belajar dan mencintai jurusan PTN ini kedepannya.

You May Also Like