Seminar Online “Nematoda Parasit Tumbuhan”

Seminar online seri ke enam Jurusan Proteksi Tanaman telah dilaksanakan pada Kamis, 23 Juli 2020 pukul 09.30 live di Proteksi Tanaman FP Unila. Seminar dengan tema “Nematoda Parasit Tumbuhan” dibuka langsung oleh Dekan FP Unila, Prof. Irwan Sukri Banuwa dan dipandu oleh Auliana Afandi, Ph.D salah satu dosen Proteksi Tanaman Unila. Diketahui bahwa total peserta yang mendaftar seminar online ini mencapai 1127 orang dari berbagai kalangan seperti peneliti, akademisi, pengusaha hingga petani.

Narasumber seminar kali ini didominasi oleh kalangan akademisi dari beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia. Nara sumber pertama adalah Dr. Lisnawati berprofesi sebagai dosen Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Beliau memaparkan materi mengenai Teknik Pengendalian Nematoda Parasit Tumbuhan. Narasumber kedua adalah Dr. Siwi Indarti yang berprofesi sebagai dosen di Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, Universitas Gadjah Mada dengan tema Nematoda Parasit Tumbuhan: Arti Penting dan Pengelolaannya di Masa Depan. Narasumber terakhir adalah Dr. I Gede Swibawa berprofesi sebagai dosen Jurusan Proteksi Tanaman FP Unila dengan tema Keragaman dan Pengelolaan Nematoda pada Pertanaman Kopi di Lampung.

Nematoda merupakan golongan cacing yang bisa hidup di dalam ataupun luar permukaan tumbuhan. Terdapat berbagai nematoda yang bertindak sebagai parasit tumbuhan contohnya Meloidogyne sp. Nematoda tersebut akan menyebabkan tanaman menjadi sakit dengan gejala puru akar. Berbagai upaya harus dilakukan untuk mengendalikan nematoda parasit tumbuhan dimulai dari pengendalian biologi hingga penggunaan pestisida. Semua kajian tentang nematode telah dibahas oleh narasumber dalam seminar online tersebut.

Seperti yang kita tahu bahwa penelitian mengenai nematoda masih minim. Hal ini karena ketertarikan mahasiswa atau peneliti tentang nematoda sangat sedikit. Dengan adanya seminar online mengenai nematoda membuka wawasan pentingnya mempelajari nematoda sebagai salah satu parasite tumbuhan. Selain itu, seminar ini juga membuka wawasan bagi mahasiswa dan peneliti untuk kembali menekuni penelitian mengenai nematoda khususnya di Indonesia.

You May Also Like