Webinar “Sebuah Inspirasi dari Amerika Serikat: Persiapan Menghadapi Era New Normal di Universitas”

Seminar online seri kelima jurusan Proteksi Tanaman telah dilaksanakan dengan lancar, Jum’at 10 Juli 2020 live di Proteksi Tanaman FP Unila. Tema seminar online kali ini berbeda pada seminar online sebelumnya yang memaparkan keilmuan di bidang proteksi tanaman. Seminar yang berjudul “Sebuah Inspirasi dari Amerika Serikat: Persiapan Menghadapi Era New Normal di Universitas”  ini mengajak kita untuk mempersiapkan kehidupan new normal di masa pandemic terutama di bidang pendidikan. Sama seperti seminar online sebelumnya, webinar ini juga dibuka secara langsung oleh Dekan FP Unila, Prof. Irwan Sukri Banuwa dan dipandu oleh Ir. Titik Nur Aeny, M.Sc sebagai moderator.

Nara sumber yaitu Prof. Dr. Ir. Iin Handayani, M.Sc berprofesi sebagai dosen dari  Murray State University, Kentucky-USA. Beliau adalah nara sumber yang sangat ramah, interaktif dan inspiratif. Beliau banyak berbicara mengenai persiapan menghadapi new normal di Universitas khususnya di Murray State University. Selain memaparkan materinya, beliau juga mengajak peserta untuk melihat keindahan gedung Murray State University. Terselip juga sambutan perkenalan dari Murray State Dean, Dr. Tony Brannon dan mahasiswa Hutson School of Agriculture. Academic areas yang ada di Hutson School of Agriculture diantaranya Agriculture Science, Animal and Equine Science, and Pre-Vaterinary Medicine & Vaterinary Technology. Selain memberikan sambutan, Dr. Tony Brannon juga memperlihatkan fasilitas seperti laboratorium, rumah kaca dan lapangan terpadu serta kegiatan non akademisnya yaitu club dan organisasi mahasiswa.

Di masa pandemic ini, kita tahu bagaimana terkejutnya pelaku pendidikan seperti dosen/guru, mahasiswa baik di sekolah hingga Universitas menghadapi perubahan drastis dalam dunia pendidikan karena pandemic Covid-19. Walaupun demikian, pendidikan harus tetap berlangsung baik siswa ataupun mahasiswa harus tetap belajar. Menurut Prof. Iin Handayani, terdapat empat fase respon pendidikan tinggi terhadap Covid-19 dalam menghadapi new normal. Fase pertama adalah Rapid transition to remote teaching and learning yang terjadi pada bulan Februari hingga Maret 2020. Fase kedua adalah (Re) Adding basics yang terjadi pada bulan April hingga Juli 2020. Fase ketiga adalah Extended transition during continued turmoil yang berlangsung pada Agustus hingga Desember 2020 dan fase terakhir adalah Emerging new normal yang akan berlangsung tahun 2021 hingga seterusnya. Perlu diketahui bahwa kita sedang berada di fase ketiga yaitu fase dimana sedang mempersiapkan new normal dan belajar untuk beradaptasi dengan kondisi pandemic ini.

Banyak sekali kalimat beliau yang bisa dijadikan inspirasi bagi generasi muda untuk terus memajukan pendidikan. Mahasiswa sebagai young generation harus bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat agar jangan menyerah dalam kondisi apapun. Selain berprofesi sebagai dosen, Prof. Iin Handayani adalah seorang youtuber aktif. Usia tidak menjadi penghalang bagi beliau untuk terus berjiwa muda dan menginspirasi. Teruslah berkarya dan terima kasih atas kesempatannya Ibu Prof. Iin Handayani.

You May Also Like