TIGA DOSEN JURUSAN PROTEKSI TANAMAN IKUTI SIMPOSIUM DI GIFU

Pada tanggal 7 dan 8 Maret 2018, tiga dosen Jurusan Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Uniuversitas Lampung mengikuti International Symposium on Innovative Crop Protection for Suistainable Agriculture 2018 di Universitas Gifu, Jepang. Tiga dosen tersebut adalah Prof. Purnomo, Dr. Radix Suharjo, dan Dr. Yuyun Fitriana. Mereka berangkat bersama seorang dosen Jurusan Ilmu Tanah dan seorang dosen Jurusan Agronomi dan Hortikultura.

Pembicara pada simposium tersebut terdiri dari 4 (empat) pembicara Plenary Lecture yang kesemuanya berasal dari Jepang dan 18 pembicara Oral sessions yang berasal dari Indonesia, Thailand, Bangladesh, dan Filipina. Adapun Poster sessions diikuti oleh 23 poster terpilih. Di samping pembicara yang telah ditentukan di atas, simposium juga dihadiri oleh beberapa dosen dan puluhan mahasiswa The United Graduate School of Agricultural Science (UGSAS) Universitas Gifu.

Pada Oral sessions setiap pembicara diberi kesempatan 25 menit untuk presentasi dan tanya jawab. Pembicara dari Jurusan Proteksi Tanaman menyampaikan hasil penelitian yang telah dikerjakan sejak beberapa tahun terakhir. Sebagai contoh, salah satu pembicara Oral sessions menyampaikan materi yang berjudul “Potency of watery extract compost plus Beauveria sp. after storage for controlling palnthopper and rice bug”. Presentasi yang disampaikan itu hasil penelitian yang telah dikerjakan di Lampung oleh Purnomo sebagai penulis pertama bersama Radix Suharjo, Yuyun Fitriana, Ainin Niswati, serta seorang mahasiswa Siti Jarlina, masing-masing sebagai anggota.

Acara Simposium selama dua hari berlangsung sangat baik dan menarik. Banyak informasi baru dalam teknologi pengendalian hama dan penyakit tanaman yang dapat di peroleh pada acara yang sangat padat tersebut.